website lpmp

Rabu, 11 Juli 2012

Pendaftaran SM-3T Tahun 2012 Telah Dibuka

Sesuai pengumuman dari UNY bahwa berdasarkan jadwal yang telah dirilis sebelumnya, pendaftaran peserta SM-3T tahun 2012 dilaksanakan mulai tanggal 8 Juli 2012.
SM-3T merupakan bagian dari program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia yang  diprakarsai oleh Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal PendidikanTinggi Kemdikbud. Dalam program ini, para sarjana pendidikan direkrut, dipersiapkan, dan diterjunkan di wilayah pengabdian. Selain mengajar, mereka juga melakukan kegiatan kemasyarakatan.
Tahun ini, wilayah pengabdian meliputi sejumlah kabupaten di Provinsi Aceh, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, dan Papua. Selama mengabdi, setiap bulan mereka akan mendapatkan uang biaya hidup dan asuransi kesehatan. Setelah setahun mengabdi, mereka akan mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) dengan beasiswa penuh dari pemerintah.
Adapun persyaratan peserta adalah sebagai berikut:
  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Berusia maksimum 28 tahun per 31 Desember 2012.
  3. Lulusan program studi kependidikan S-1 empat tahun terakhir (2009, 2010, 2011, 2012) dari program studi terakreditasi (kecuali PGPAUD minimal sudah memiliki ijin operasional) yang sesuai dengan mata pelajaran dan/atau bidang keahlian yang dibutuhkan.
  4. IPK minimal 3.0.
  5. Berbadan sehat.
  6. Bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (napza) yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN).
  7. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepolisian.
  8. Mendapatkan ijin dari orangtua/wali, yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai.
  9. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti Program SM-3T dan PPG, yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai.
  10. Diutamakan yang memiliki pengalaman organisasi kemahasiswaan.
  11. Memiliki motivasi dan semangat pengabdian yang tinggi.
  12. Mampu menyesuaikan diri dengan kondisi masyarakat di daerah sasaran.
Tahun ini pendaftaran dilakukan secara online. Pada saat pendaftaran peserta cukup mengisis formulir yang disediakan serta mengunggah file ijazah dan foto.
Tahapan berikutnya setelah pendaftaran adalah seleksi administrasi pada 23-25 Juli, pengumuman hasil seleksi administrasi dan pengumuman jadwal tes online (26-27 Juli), tes secara online (1-4 Agustus), pengumuman hasil tes online dan jadwal wawancara (10 Agustus), wawancara (2-6 September), dan pengumuman hasil seleksi pada 15 September 2012.

Tidak ada komentar: